Pages

Senin, 22 November 2010

Definisi Matematika


Beberapa pendapat tentang definisi matematika adalah sebagai berikut:
1)      The World Book Encyclopedia menyebutkan bahwa matematika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan manusia yang sangat bermanfaat bagi kehidupan. Ilmu ini membantu manusia dalam mengembangkan berbagai bidang studi yang penting dan mempunyai kekuatan untuk memecahkan teka-teki serta masalah yang dihadapi manusia. Matematika mencakup banyak ilmu, sehingga sukar untuk didefinisikan. Namun untuk matematika yang dipelajari di sekolah dan perguruan tinggi dapat didefinisikan sebagai pelajaran tentang kuantitas dan hubungannya dengan menggunakan bilangan dan simbol.

2)      Pendapat Johnson dan Rising (1972) yang menyatakan bahwa matematika adalah pola pikir, pola mengorganisasikan dan pembuktian yang logis.
3)      Reys (1984) berpendapat bahwa matematika adalah telaah tentang pola dan hubungan, suatu pola pikir, suatu seni, suatu bahasa serta suatu alat.
4)      Kline (1973) berpendapat bahwa matematika bukanlah pengetahuan yang dapat sempurna karena dirinya sendiri, tetapi dengan adanya matematika itu terutama akan membantu manusia dalam menguasai permasalahan sosial, ekonomi dan alam. Kline juga menyatakan bahwa matematika adalah ratu (ilmu) dan sekaligus pelayan (ilmu yang lain). Dia juga menyatakan bahwa matematika adalah seni yang mempelajari struktur dan pola, mencari keteraturan dari bangun yang berserakan, dan mencari perbedaan dari bangun-bangun yang tampak teratur. Dari pernyataannya, Kline lebih menekankan matematika sebagai alat untuk kebutuhan manusia dalam menghadapi kehidupan sosial, ekonomi, dan menggali rahasia alam.
5)      Gagne (1977) menyatakan bahwa matematika memiliki cakupan objek yang luas yang bersifat langsung yang terdiri dari fakta, konsep, skill dan prinsip, serta yang bersifat tidak langsung seperti transfer belajar, kemampuan inkuiri, kemampuan memecahkan masalah, disiplin pribadi dan penghargaan terhadap struktur matematika.
Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa matematika merupakan suatu cabang ilmu pengetahuan yang menelaah tentang pola pikir, suatu seni, suatu bahasa, suatu alat dan pembuktian logik yang mempunyai cakupan objek bersifat abstrak dan sangat luas yang terdiri dari fakta, konsep, skill dan prinsip yang bermanfaat bagi manusia.

Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar: